Tips Mudah Belajar Membaca Al-Quran

Bagi seorang muslim, membaca Al-Quran merupakan bagian dari ibadah yang utama. Terdapat banyak sekali ganjaran bagi umat muslim yang membacanya. Alquran ditulis dalam bahasa arab dan menjadi aturan baku sebagai Al-Quran yang asli. Namun harus diakui, masih terdapat sebagian saudara muslim yang belum bisa membaca tulisan Arab sehingga kesulitan untuk membaca Kitab Suci Al-Quran ini.

Berikut tips bagi yang ingin belajar membaca tulisan arab dengan tujuan supaya bisa membaca Al-Quran.

Bulatkan Niat dan Mulailah Membaca!

Ayat Al-Quran pertama yang diturunkan berarti “Baca.” Oleh sebab itu, kita harus mulai meniatkan untuk belajar membaca Alquran. Niatkan dulu dengan benar, baru mulai belajar. Karena apabila niatnya kurang sungguh-sungguh, dikhawatirkan akan menyerah di tengah jalan. “Semua perjalanan dimulai dari langkah pertama.” Kumpulkan niat dan ambil langkah pertama. Hidup hanya sekali, jadi jangan sampai hidup yang penuh berkah ini kita lalui tanpa membaca Al-Quran.

Sedikit, Teratur dan Istiqomah

Tidak perlu membebani diri dengan target yang kelewatan yang dapat menyebabkan timbulnya rasa malas dan menyerah di tengah jalan. Kuncinya di sini adalah teratur dan istiqomah. Misalnya kita bisa menargetkan membaca sepuluh ayat setiap hari dan berusaha sebaik mungkin untuk tidak kelewatan.

Mempelajari Tajwid

Untuk membaca Al-Quran, mempelajari ilmu tajwid adalah sebuah kewajiban. Ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci Alquran maupun bukan. Carilah bantuan dari seorang guru yang dapat mengajarkan dan memperbaiki kesalahan bacaan. Mempelajari pengucapan dan tanda baca yang tepat sangat penting agar tidak terjadi perubahan arti kata dan kalimat.

Mengulang

Ketika kita telah memutuskan target jumlah seberapa banyak bacaan tertentu untuk dibaca setiap hari, cobalah bagian tersebut diulang beberapa kali. Contohnya, jika kita memiliki target sepuluh ayat setiap hari, maka bacalah sepuluh ayat yang sama tersebut tiga hingga empat kali sehari. Kita dapat mengulanginya dalam sekali sesi atau beberapa sesi, seuaikan dengan kenyamanan.

Jadikan Rutinitas

Diperlukan tekad dan konsistensi yang kuat untuk belajar membaca Al-Quran. Salah satu tipsnya ialah dengan cara menjadikan membaca  Al-Quran sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Kita bisa memutuskan kapan waktu untuk segera membaca, misalnya setelah shalat. Membaca sesudah shalat cukup efektif karena kita tidak perlu berwudhu lagi.

Gunakan Teknologi

Perkembangan teknologi semakin pesat. Kita dapat memanfaatkan teknologi untuk jalan kebaikan. Kita dapat menggunakan beberapa macam teknologi untuk membantu dalam membaca Al-Quran. Hadirnya beberapa media untuk belajar semakin memudahkan. Semisal memanfaatkan website Al-Quran digital online untuk dapat mengakses Al-Quran kapan pun. Apalagi juga telah dilengkapi tulisan latin sebagai alat bantu membaca tulisan Arab. Kita juga bisa mengakses youtube untuk mencari pembelajaran online yang dapat kita manfaatkan.