Tindakan Medis menurut SehatQ.com

Menangani sebuah gangguan kesehatan pada diri seseorang oleh tenaga kesehatan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Para ahli atau dokter tentu mempunyai pertimbangan untuk melakukan sebuah tindakan medis. Selanjutnya langkah tersebut harus sesuai SOP yang ada.

Macam-Macam Tindakan Medis menurut SehatQ.com

Setiap masyarakat seharusnya mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Baik individu maupun kelompok. Sedangkan layanan serta penanganan tersebut harus dilakukan oleh para ahli dibidangnya. Berikut beberapa daftar kategori tindakan medis menurut SehatQ.com:

Laser Tattoo Removal

Laser tattoo removal adalah sebuah tindakan untuk menghilangkan tato secara tetap dengan menggunakan sinar laser. Cara tersebut dimaksudkan agar dapat mengahncurkan unsur tinta pada lapisan kulit seseorang. Hal demikian sudah menjadi prosedur yang ada.

Tahap menghilangkan tato ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menghapusnya. Prosedurnya hanya perlu pergi ke Dokter spesialis, nantinya proses penghilangan dengan sinar laser diarahkan pada bagian kulit. Jika selesai, akan segera ditutup menggunakan perban.

Operasi Amandel (Tonsilektomi)

Operasi ini merupakan prosedur dalam pembedahan bertujuan mengangkat amandel, yaitu sebuah kelenjar tepat di belakang tenggorokan. Alasan mengapa hal ini harus dilakukan, karena sangat diperlukan bagi anak bila mengalami tonslitis berulang. Maka penting sekali.

Sebelum operasi berlangsung, nantinya pasien akan diminta untuk menghentikan sementara pemakaian obat-obatan ketika akan mendapat tindakan medis. Tak hanya itu, diharapkan agar berpuasa minimal 8 jam sebelum ditangani dokter. Supaya bisa menjadi perhatian stiap orang.

Splinting

Ketika seseorang mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan adanya patah tulang, maka perlu dilakukan tindakan Splinting. Fungsinya yaitu untuk menjaga kondisi sendi atas juga bawah, supaya tak bergerak. Prosedur ini diterapkan sambil menanti kelanjutan penanganan dari pihak rumah sakit.

Kondisi yang paling sering ketika dokter harus melakukan splinting yaitu seseorang mengalami patah tulang, terkilir, dislokasi, nyeri bagian cedera. Namun perlu diperhatikan juga, resiko terjadinya komplikasi.  Maka dari itu, usahakan untuk memeriksakan secara berkala.

Operasi Otak Sadar

Saat seseorang mengidap penyakit kejang epilepsi atau tumor otak, maka tindakan medis yang perlu dilakukan adalah operasi otak sadar. Maksudnya yaitu prosedur pembedahan oleh para ahli bedah saraf saat kondisi Anda sadar. Hal ini diperlukan karena dokter menginginkan pasien bisa merespon.

Sebelum operasi berlangsung, beberapa hal perlu dipersiapkan adalah Anda harus berdiskusi dahulu kepada dokter yang menangani, tentang resiko juga manfaat. Selanjutnya pasien berpuasa paling tidak 6-12 jam ketika akan operasi. Supaya prosesnya bisa lancar.

Platysmaplasty

Platysmaplasty yaitu operasi yang berguna untuk mengencangkan otot platysma dan kulit. Prosedur demikian hanya boleh ditangani dokter ahli bedah plastik. Langkah ini dilakukan jika seseorang ingin memperbaiki penampilan, khususnya bagian leher, hingga bawah dagu.

Alasan mengapa seseorang ingin melakukan operasi platysmaplasty. Karena adanya lipatan dan kerutan biasanya terlihat pada bagian leher. Persiapan yang perlu diperhatikan sebelum adanya tindakan, pasien dalam keadaan sehat, tidak merokok, mempunyai harapan nyata agar lancar.

Operasi Hernia Umbilikalis

Ketika usus atau komponen dalam perut nampak keluar melalui perut dekat pusar, biasa terjadi pada orang dewasa atau anak-anak. Maka yang demikian perlu mendapat tindakan medis berupa operasi hernia umbilikalis. Umumnya berlangsung sekitar 20 – 30 menit.

Sebenarnya tidak semua memerlukan tindakan operasi, hanya saja dikhususkan bagi yang mengalami rasa nyeri, atau strangulasi. Pada usia anak-anak, hernia umbilkalis sudah biasa terjadi. Maka dari itu segera laporkan ke para ahli medis agar mendapat penanganan langsung.

Itulah tadi beberapa kategori tindakan medis menurut sehatQ.com. Bila Anda atau keluarga ada yang mengalami kondisi seperti di atas, segera hubungi dokter ahli, supaya penyakit atau keluhan segera dapat ditangani dengan benar. Semoga bermanfaat.

Tags: