5 Perawatan Untuk Menjaga Performa Mobil Bekas

5 Perawatan Untuk Menjaga Performa Mobil Bekas

Tinggal di area pada dan sibuk seperti daerah Tangerang akan lebih nyaman jika memiliki kendaraan pribadi seperti mobil. Namun, membeli mobil baru bukan perkara mudah karena harganya yang cukup mahal. Untuk mengatasi keterbatasan budget, banyak orang yang melirik mobil bekas di Tangerang karena harganya lebih terjangkau daripada mobil baru.

Namun dengan pemakaian yang cukup sering tentunya mobil harus dirawat agar performanya selalu terjaga. Dan berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Ganti Oli Setelah Membeli Mobil Bekas

Bagi Anda yang baru saja membeli mobil bekas di Tangerang, lakukan penggantian oli agar performanya semakin maksimal. Oli yang perlu diganti bukan hanya oli mesin saja, tapi juga oli gardan, oli transmisi, oli power steering, dan oli rem.

Dilansir dari Liputan 6, cara paling mudah untuk mengecek kondisi oli mobil adalah dari warna, kekentalan, dan kotoran yang ada pada oli. Oli yang sudah mulai encer sebaiknya segera Anda ganti. Meski begitu, tak ada salahnya jika Anda ingin langsung mengganti semua oli setelah membeli mobil bekas agar kondisi mobil makin maksimal.

  • Bersihkan Bagian Filter Udara

Komponen lain pada mobil bekas yang butuh perawatan khusus adalah filter udara. Komponen inilah yang menjaga bagian mesin agar terbebas dari debu. Pasokan udara akan mengalir bebas ke dalam mesin jika filter udaranya bersih, sehingga kondisi mobil tetap prima. Mengganti filter udara sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, untuk Anda yang belum berpengalaman, menggunakan jasa teknisi profesional merupakan langkah bijak, agar kondisi secara keseluruhannya bisa dicek sekalian.

  • Cek Ban dan Rem Mobil Secara Rutin

Selain mesin, ban dan rem adalah komponen penting dalam sebuah kendaraan. Seperti dilansir dari Carsworld, pengecekan komponen ini yang dilakukan secara rutin bisa mengurangi kerusakan lebih parah. Pada bagian rem, Anda perlu mengganti minyak rem setiap 20.000 km sekali. Selain itu, Anda bisa melakukan konsultasi dengan montir profesional untuk melakukan pemeriksaan komponen mobil pada bagian rem dan ban.

  • Periksa Kondisi Aki Mobil

Selanjutnya lakukan pengecekan aki agar kondisi mobil makin prima. Aki yang bermasalah akan membuat mobil tidak kuat starter, terdengar suara yang mengganggu, dan lain sebagainya. Jika kondisi aki mobil sudah tidak layak pakai, sebaiknya segera ganti dengan komponen baru agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi. Penggantian aki bisa Anda lakukan sendiri maupun menggunakan jasa montir di bengkel terpercaya.

  1. Lakukan Pengecekan Pada Kabel Mobil

Sebagian orang mungkin menganggap remeh komponen yang satu ini, sehingga sering terlewatkan saat servis. Padahal, kabel mobil punya peran yang sama pentingnya dengan komponen lainnya. Sebab itu, lakukanlah pengecekan kabel mobil untuk memastikan tidak ada bagian yang putus dan kendur. Jika terdapat kerusakan pada kabel mobil, sebaiknya Anda segera menggantinya agar kondisi mobil tetap nyaman.

Itu dia 5 perawatan untuk mobil bekas agar tetap nyaman.